Tabunganku CIMB Niaga: Bunga & Saldo Minimal 2024

Tabunganku CIMB Niaga

Tabunganku CIMB Niaga bisa menjadi salah satu solusi terbaik bagi yang suka menabung dan mengumpulkan uang guna membeli sesuatu yang diinginkan.

CIMB memang sangat memerhatikan nasabahnya, di saat mereka tidak memiliki uang, maka diadakanlah suatu program pinjaman CIMB Niaga.

Kemudian ketika nasabah ingin membeli barang tapi tidak memiliki uang, maka ditawarkan yang namanya kartu kredit CIMB Niaga.

Lalu disaat mereka yang memiliki uang lebih, maka diberikan solusi tempat menyimpan uang yang aman dan nyaman lewat Tabunganku.

Tabunganku CIMB Niaga

Tabunganku CIMB Niaga

Ketika Anda sudah mantap untuk menabung lewat program Tabunganku, maka itu tidak masalah. Tapi setidaknya cari tahu lebih dalam mengenai seluk beluknya.

Baca juga: 9 Cara Pengajuan KPR CIMB Niaga & Simulasi Terlengkap

Entah itu soal syarat yang diperlukan, biaya bulanan, dan lain sebagainya. Intinya jangan gegabah.

Nah jika belum tahu, berikut 4 syarat Tabunganku CIMB Niaga yang bisa Anda persiapkan:

  • Memiliki eKTP yang masik Aktif
  • Berusia minimal 17 tahun
  • Mengisis formulir yang diperlukan
  • Menyetujui syarat dan ketentuan yang tertulis di formulir

Mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku, maka alangkah sebaiknya Anda membacanya hingga selesai. Kemudian setelah selesai, tinggal Anda putuskan untuk menyetujui atau tidak.

Meski sebagian orang jarang membacanya, tapi Anda harusnya lebih bijak dengan membacanya. Sebab ini menyangkut keuangan Anda. Jadi meski teksnya panjang, baca saja tidak apa-apa.

Bunga Tabunganku CIMB Niaga

Tabunganku CIMB Niaga

Sudah bukan rahasia lagi kalau menabung di Bank memang ada yang menggunakan sistem bunga. Lalu bagaimana dengan Tabunganku dari Bank CIMB Niaga?

Baca juga: 2+ Cara Pengajuan Pinjaman CIMB Niaga & Simulasi Terbaru

Bunga Tabunganku CIMB Niaga ialah 0%, alias tidak ada. Nah sebagai gantinya, Anda tidak akan dikenai biaya administrasi bulanan. Sehingga meski tidak mendapatkan Bungan simpanan, tapi dapat biaya gratis.

Tapi meski begitu, tidak berarti CIMB niaga tidak memberikan bunga simpanan ke nasabah. Sebenarnya Ada juga yang model dikasih bunga.

Namun bukan program Tabunganku Bank CIMB Niaga, melainkan model lain. Contohnya adalah model Tabunganku Mapan yang bunga tahunan mencapai 4% pertahun jika di kunci selama >3 tahun.

Memang sebagian besar model sistem simpanan yang menghasilkan bunga adalah model simpanan terkunci atau yang tidak bisa ditarik.

Jadi misalkan Anda mengikuti sistem tabungan terkunci 1 tahun dan bisa mendapatkan bunga imbalan sekian persen.

Maka syarat dasarnya adalah mau dan menyetujui kalau dana kamu akan terkunci selama 1 tahun. Baru setelah melewati masa tersebut, akan dikembalikan lagi ke rekening Anda beserta bunga yang telah dihasilkan.

Begitupun kalau misal 3 tahun. Maka dana juga akan terkunci selama 3 tahun. Tapi biasanya kalau untuk bunganya, bisa ditarik selama periode tertentu.

Saldo Minimal CIMB Niaga Tabunganku

Tabunganku CIMB Niaga

Dalam sistem perbankan di Indonesia, ketika kita menabung di dalam suatu Bank, umumnya akan ada aturan saldo minimal yang tidak boleh ditarik.

Baca juga: 6 SWIFT Code CIMB Niaga Indonesia & Malaysia Terbaru

Nah ini ternyata juga berlaku bagi Tabunganku milik Bank CIMB Niaga. Lantas berapakah minimalnya?

Saldo minimal CIMB Niaga Tabunganku yang harus mengendap di rekening adalah Rp20.000. Jadi setiap Anda melakukan transaksi, maka harus disisakan minimal 20 ribu.

Sebagai contoh Anda memiliki saldo Rp350.000, kemudian ingin melakukan transfer ke teman sebesar Rp350.000 juga. Maka ini tidak bisa dilakukan.

Sebab kalau ditransfer semua, maka saldo akan habis. Sedangkan aturanya harus sisa Rp20.000.

Oleh sebab itu, saldo maksimal yang bisa ditransfer adalah Rp330.000 jika ke sesama rekening. Adapun kalau ke Bank Lain, maka maksimal adalah Rp323.500 (karena ada potongan Rp6.500).

Kelemahan Tabunganku CIMB Niaga

Setiap model perbankan sudah sewajarnya memiliki kelemahan tersendiri. Bahkan untuk sekelas kartu credit hitam yang terkenal hanya dimiliki sedikit orang, juga memiliki kelemahannya.

Baca juga: 9+ Digital Lounge CIMB Niaga & Jam Operasional Harian

Lantas apa saja kelemahan dari Tabungaku?

Berikut daftar beberapa kelemahan Tabunganku CIMB Niaga:

1. Pemanfaatan Saldo Minimal yang Kurang Pas

Penetapan aturan saldo minimal, menurut Admin kurang pas dilakukan pada model Tabungaku. Sebab nasabah pengguna Tabunganku kan paling banyak menyasar orang ekonomi kebawah.

Jadi meski Rp20.000, buat mereka itu berharga. Jadi kurang pas bila dikunci. Apalagi kan tidak ada biaya bulanan, lantas uang tersebut nanti buat apa.

2. Penarikan Tunai Minimum di Counter terlalu besar

Seperti yang Admin bilang, kebanyakan nasabah tabunganku adalah bukan orang berada. Jadi ketentuan  minimal penarikan di konter yang Rp100.000, menurut Admin kurang pas.

Bagaimana jadinya jika para pemuda yang mengandalkan pekerjaan frelencer, dan hari itu hanya mendapatkan penghasilan Rp70.000 .

Maka gara gara ketentuan tersebut, mereka tidak bisa langsung menariknya. Sebab seandainya saldo yang mengendap Rp20k kemudian ditambah Rp70K, jumlahnya baru Rp90k.

Padahal minimal penarikan di counter harus 100K.

3. Hanya Tersedia Tabungan Rupiah

Nah salah satu kelemahan lain dari Tabunganku CIMB Niaga adalah hanya mendukung simpanan berbentuk rupiah. Tapi meski begitu, sasaran nasabah Tabunganku memang bukan orang kaya.

Jadi wajar jika tidak diperbolehkan menyimpan dollar. Dan kalaupun ingin, harus cari model yang lebih tinggi dari Tabunganku.

4. Hanya Boleh Membuka Satu Rekening

Masing masing orang hanya diperbolehkan membuka satu rekening saja. Sebenarnya ini juga kelemahan, hanya saja penerapanya juga pas. Jadi tidak terlalu dipermasalahkan.